Beragam Cara Regitrasi Telkomsel Mudah Dilakukan

Sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan melalui Kominfo, bahwa pengguna kartu prabayar harus mendaftarkan data dirinya. Hal ini dilakukan demi melakukan sensus terhadap pengguna kartu prabayar. Aturan ini berlaku untuk semua pengguna provider, termasuk para pengguna Telkomsel. Oleh karenanya, para pengguna setia Telkomsel wajib tahu cara registrasi Telkomsel.

Untuk itu kartu Telkomsel telah melakukan pemberitahuan melalui SMS kepada sekitar 167,7 juta pelanggan provider ini. Pemberitahuan dilakukan melalui SMS untuk mengingatkan kepada para pelanggan agar segera melakukan registrasi ulang sesuai dengan aturan yang berlaku. Registrasi ini dilakukan dengan memasukkan nomor induk kependudukan dan nomor KK yang tercatat di Dukcapil.

Berbagai Cara Yang Dilakukan Untuk Registrasi

Seperti keterangan di atas, pelanggan hanya perlu menyiapkan data diri yang sebenarnya. Hingga ketika melakukan pengisian data, tidak ada kesalahan data yang diisikan. Dengan begitu, kartu Telkomsel pun dapat tetap digunakan tanpa kendala dan tetap tunduk pada peraturan yang berlaku. Oleh karena, perhatikan beberapa cara registrasi Telkomsel berikut:

1. Daftar Melalui Pesan Singkat

Cara registrasi Telkomsel yang pertama adalah dengan melalui pesan singkat atau yang lebih dikenal sebagai SMS. Registrasi melalui SMS ini merupakan cara yang paling favorit dan banyak dilakukan oleh para pengguna Telkomsel. Untuk mendaftarakan diri melalui SMS yang dibutuhkan adalah KTP dan KK. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa data diri yang dibutuhkan untuk registri adalah nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga.

Pertama-tama buka menu pesan setelah memastikan bahwa kartu terpasang dengan sempurna. Kemudian ketikkan REG#NIK#No.KK dan kirimkan ke 4444. Perlu diperhatikan bahwa semua digit nomor yang dimasukkan telah sesuai dengan yang tertera dalam dokumen. Hal ini dikarenakan semua provider telekomunikasi, termasuk Telkomsel, diberi izin untuk mengakses data kependudukan. Dengan demikian, jika terjadi ketidaksesuaian, maka registrasi pun akan gagal.

Selain bagi pelanggan baru, registrasi ini pun diberlakukan bagi pelanggan lama yang telah menggunakan kartu perdana sebelum peraturan ini berlaku. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada isi SMS yang dikirimkan. Jika pada pengguna kartu perdana baru kata pertama yang diketikkan adalah REG, maka pada pengguna lama kata pertama adalah ULANG.

Caranya masih sama, yaitu dengan mengirimkan pesan ke nomor tersebut. Adapun pesan yang harus dikirimkan yaitu ULANG<spasi>NIK#No.KK. Sebelum mengirimkan pesan, pastikan kembali telah menuliskan digit nomor yang sesuai. Layanan ini, baik untuk kartu perdana baru maupun lama adalah bebas pulsa, sehingga tidak perlu khawatir. Dibandingkan yang lain, cara mendaftar dengan menggunakan SMS ini dianggap yang paling mudah.

2. Datang Ke Gerai GraPARI

Meskipun banyak yang menganggap bahwa cara registrasi Telkomsel dengan SMS adalah yang paling mudah, namun beberapa orang mungkin masih merasa bingung. Jika demikian yang terjadi, maka tak perlu khawatir. Ada cara lain yang dapat dilakukan, yaitu langsung mendatangi customer service Telkomsel yang ada di GraPARI.

Apa itu GraPARI? Yaitu merupakan gerai layanan konsumen yang dimiliki oleh Telkomsel. Sama halnya dengan operator lain, Telkomsel pun memiliki gerai layanan pelanggan. Gerai ini pun tersebar hampir di semua kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Hanya saja, jika memilih datang ke GraPARI, pastikan memiliki waktu luang dan tidak sedang terburu-buru. Hal ini dikarenakan, berdasarkan banyak pengalaman pelanggan, gerai layanan pelanggan seperti ini tidak pernah sepi pengunjung. Sebagai sebuah layanan pelanggan, maka dapat dipastikan bahwa banyak pelanggan yang datang dengan beragam kebutuhan layanan.

Begitu tiba di GraPARI, biasanya akan langsung ditanyai apa keperluan yang dibutuhkan, kemudian diberi nomor antrean. Selanjutnya, pelanggan akan diarahkan kepada petugas untuk membantu proses registrasi kartu perdana. Sebelumnya, pastikan untuk membawa dokumen data diri yang dibutuhkan, yaitu KTP dan KK. Jika tidak membawa kedua data diri tersebut, maka petugas pun akan mengalami kesulitan dalam membantu pelanggan dalam melakukan registrasi.

3. Daftar Online

Selanjutnya dalam cara registrasi Telkomsel, dapat pula dilakukan secara online, yaitu dengan mengakses GraPARI virtual. Dapat mengakses melalui fasilitas chat di LINE, Telegram, ataupun Facebook Messenger. Untuk akun LINE yaitu @Telkomsel, akun Telegram adalah @Telkomselofficialbot, dan Facebook Messenger yakni @Telkomsel.

Adanya kemudahan mendaftarkan diri dengan ketiga akun online messengers tersebut banyak dimanfaatkan oleh para pengguna yang sudah melek teknologi. Cara ini pun dianggap sebagai cara yang lebih praktis dan anti ribet. Hanya saja, pastikan kembali bahwa data diri yang dimasukkan (NIK dan nomor KK) telah sesuai dengan yang terdaftar di badan kependudukan.

4. Melalui Web

Hampir sama dengan cara daftar online, pelanggan juga bisa daftar registrasi melalui web. Website resmi Telkomsel memiliki asisten virtual yang dinamai Veronica. Si Veronica ini akan membantu pelanggan untuk melakukan registrasi kartu perdana. Sama seperti yang lain, cara registrasi Telkomsel yang satu ini pun memerlukan data KTP dan kartu keluarga.

Ada kalanya, mendaftar dengan menggunakan SMS memiliki kendala karena banyaknya pengguna lain yang tengah mendaftarkan diri. Cara registrasi melalui web ini pun menjadi alternatif pilihan banyak orang. Terlebih lagi, mendaftar dengan web lebih terarah dengan adanya bantuan dari Veronica. Cukup klik popup chat box yang ada di sisi kanan sebelah bawah dan sampaikan kepada Veronika mengenai keperluan apa yang dibutuhkan.

5. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara registrasi Telkomsel yang terakhir adalah dengan mengunduh dan meng-install aplikasi MyTelkomsel. Untuk pendaftaran kartu perdana dapat dilakukan dengan masuk ke dalam aplikasi dan buka menu Akun Saya pelanggan bisa memilih dengan menggulir ke bawah dengan memilih menu Registrasi Prabayar. Yang perlu dipersiapkan pun masih sama, yakni KTP dan KK untuk memastikan data diri yang diberikan benar-benar sesuai.

Pemberitahuan Berhasilnya Registrasi

Setelah mengetahui beragam cara registrasi Telkomsel di atas, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pemberitahuan keberhasilan pendaftaran. Perlu diketahui, bahwa tanpa adanya pemberitahuan dari provider seluler, maka dapat dipastikan bahwa proses registrasi gagal dilakukan. Dampaknya kartu perdana pun tak dapat digunakan. Oleh karenanya, setiap pelanggan wajib tahu apakah registrasi yang dilakukan berhasil atau tidak.

Pemberitahuan keberhasilan ini pun biasanya langsung. Artinya, tepat setelah mengirimkan data dan melakukan registrasi, maka pelanggan akan langsung menerima SMS pemberitahuan. Dalam beberapa kasus saat sistem tengah sibuk, pemberitahuan keberhasilan tak selalu langsung datang. Tunggu hingga 1 x 24 jam untuk menerima pemberitahun keberhasilan. Jika hingga lebih dari 24 jam belum menerima pemberitahuan keberhasilan, maka silakan lakukan registras ulang.

Demikian beragam cara registrasi Telkomsel yang dapat dilakukan oleh para pengguna provider ini. Bagi yang berniat untuk ganti kartu perdana, pastikan untuk segera melakukan pembatalan kartu. Hal ini dilakukan demi menghindari penyalahgunaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk mempermudah proses, dapat dilakukan di gerai layanan pelanggan terdekat.

Leave A Comment