admin Blog BisaBayar, berisi artikel-artikel ulasan dan tutorial seputar aplikasi pulsa, ppob, tiket, game, teknologi, gadget dan lainnya

Spesifikasi Komputer Server dan Fungsinya

1 min read

Spesifikasi Komputer Server dan Fungsinya

Menilik Spesifikasi Komputer Server dan fungsinya, artikel ini kami tulis buat kamu yang sedang mencoba belajar membangun sebuah komputer server secara mandiri, ataupun yang sedang mencoba mengintip cara kerja dan biaya komputer server.

Komputer Server secara umum memiliki kemiripan dengan komputer pada umumnya, hanya saja spesifikasi komputer server memiliki kekhususan dan kebutuhan yang sangat berbeda dengan komputer pada umumnya.

Mari kita simak sedikit ulasan kami mengenaik Spesifikasi Komputer Server, Fungsi, Harga dan pastinya Jenis-jenis Komputer Server itu sendiri.

Spesifikasi Komputer Server dan Fungsinya

Spesifikasi Komputer Server dan Fungsinya

Apa Itu Komputer Server ?

Komputer server adalah perangkat yang digunakan sebagai pengelola data dan trafik serta transaksi serta sumber daya yang tergabung di dalam jaringan tersebut. Perangkat tersebut juga mampu dalam membagi tugas setiap masing-masing fungsi dan kebutuhan dari sumber daya yang ada.

Kebutuhan Komputer server pula digunakan untuk sebuah Perusahaan, Organisasi, Lembaga Pendidikan, serta Instansi lainnya yang membutuhkan sumber daya yang besar melalui sebuah jaringan server.

Jenis-Jenis Komputer Server

Ada beberapa jenis komputer server yang perlu diketahui, perbedaan dan kegunaannya, agar nantinya bisa membantu segala jenis pekerjaan yang sedang kamu kerjakan.

1. Aplication Server

Aplication Server sendiri bertujuan dan berfungsi sebagai penyimpanan data untuk berbagai macam aplikasi baik itu bersifat web ataupun mobile, yang transaksinya memerlukan jaringan internet yang stabil serta untuk kebutuhan sistem informasi dan pengembangan aplikasi itu sendiri.

2. FTP Server

FTP Server berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data secara online, berupa transfer file atau dokumen antar server yang dilakukan menggunakan aplikasi berbasis file transfer protocol.

3. Mail Server

Mail Server sendiri berfungsi sebagai perangkat komputer yang memberikan fasilitas pengiriman dan penerimaan email. Jadi anda bisa membuat email dengan brand anda di mail server ini, dan pastinya untuk kapasistas bisnis yang sudah berjalan dengan memiliki ribuan dan juataan pelanggan pastinya.

4. Web Server

Web Server adalah salah satu komputer server untuk menuju sebuah halaman dan menjalankan aplikasi berbasis web, semisal web browser. Dan server yang anda miliki akan tersambung ke browser untuk menampilkan situs-situs yang anda inginkan.

Spesifikasi Komputer Server

Sebagaimana komputer pada umumnya, server juga memiliki nilai standar untuk bisa digunakan dalam berbagai macam-kebutuhan. Karena sifatnya sebagai penyimpanan utama untuk berbagai aktifitas jaringan, pastinya memerlukan spesifikasi yang tepat agar tidak terjadi kendala dan masalah di kemudian hari.

Dibawah ini kami akan sedikit menjelaskan komponen atau spesifikasi komputer server yang sangat dan perlu untuk diperhatikan jika ingin membeli dan membangun server secara mandiri.

1. Processor

Processor menjadi hal yang pertama dan utama untuk diperhatikan saat memiliki komputer server, karena sebagai otak kerja dalam melaksanakan semua perintah kerja server maka perlu memilih yang terbaik dan terbaru. Processor sendiri memiliki dua pilihan Brand ternama yang bisa dipilih yaitu; AMD dan Intel, pastinya untuk yang hobi merakit komputer sudah familiar dengan kedua brand ini.

0
admin Blog BisaBayar, berisi artikel-artikel ulasan dan tutorial seputar aplikasi pulsa, ppob, tiket, game, teknologi, gadget dan lainnya

WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka

Sedang ramai diperbincangkan terkait WhatsApp Web yang tidak bisa dibuka karena error saat scan Qr Code, sehingga membuat beberapa netizen mengeluh di sosial media...
admin
3 min read