Cara Membuat Stiker di Whatsapp dengan Aplikasi Terbaik

Cara Membuat Stiker di Whatsapp dengan Aplikasi Terbaik

Banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat stiker di whatsapp. Whatsapp menjadi salah satu aplikasi bertukar pesan yang paling populer di jaman sekarang. Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan.

Namun selama ini aktivitas bertukar pesan di whatsapp sedikit membosankan karena tidak adanya fitur stiker. Belajar dari saran para penggunanya, akhirnya whatsapp resmi merilis fitur stiker tersebut.

Fitur stiker whatsapp ini gratis, dibuat untuk bisa digunakan oleh semua kalangan. Selain itu, stiker whatsapp memiliki keunggulan lain yaitu dapat dibuat sendiri oleh penggunanya.

Sehingga pengguna bisa dengan bebas mengekspresikan dirinya lewat stiker tersebut. Tidak perlu bingung bagaimana untuk membuatnya karena, cara membuat stiker di whatsapp sangat mudah.

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk membuat stiker di whatsapp tentu aplikasi whatsapp yang sudah terinstal, selanjutnya persiapkan aplikasi membuat stiker yang ingin digunakan. Instal juga aplikasi edit foto yang berguna untuk merubah beberapa bagian foto.

Jika ketiga aplikasi tersebut telah terinstal maka cara membuat stiker di whatsapp selanjutnya adalah pilih foto yang ingin digunakan. Setelahnya foto itu dapat kita edit untuk menghilangkan background yang ada. Langkah selanjutnya ini bersifat optional, yaitu menambahkan teks pada foto. Jika tidak ingin maka langkah ini dapat dilewati.

Setelah seluruh proses tersebut telah selesai digunakan ulangi langkah tadi beberapa kali sampai mendapatkan jumlah foto yang diinginkan. Jika semua foto sudah siap, buka aplikasi pembuat stiker whatssapp. Pada aplikasi stiker tersebut pilih opsi buat stiker atau create stiker pack, dan masukan foto yang sudah diedit tadi. Lalu simpan dan cek hasilnya di whatsapp.

Cara membuat stiker di whatsapp seperti itu tentu sangat rumit. Pengguna harus menggunakan tiga aplikasi yang berbeda, dan proses yang panjang. Lalu adakah proses yang lebih mudah? Simak jawabannya di bawah.

Cara Membuat Stiker di Whatsapp dengan Menggunakan Aplikasi Wemoji Sticker Maker

Setelah tadi dijabarkan cara membuat stiker di whatsapp, maka kali ini akan dijabarkan langkah yang lebih sederhana menggunakan aplikasi wemoji sticker maker. Aplikasi ini dipilih karena merupakan aplikasi terbaik dalam membuat stiker. Prosesnya mudah, dan fiturnya lengkap. Sehingga tidak membutuhkan aplikasi ketiga.

1. Install Aplikasi Whatsapp Versi Terbaru

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Hal pertama yang harus dilakukan ialah membuka aplikasi playstore, cari whatsapp, dan klik download. Jika sudah memiliki aplikasi whatsapp yang telah terinstal, maka bisa dicek lagi apakah versi whatsapp tersebut sudah termasuk versi yang bisa menggunakan fitur stiker. Jika belum, maka update aplikasi tersebut.

2. Menginstal Aplikasi Wemoji Sticker Maker

Setelah memastikan whatsapp sudah terpasang rapih di telepon genggam, maka sekarang masuk ke proses inti yaitu, memasang aplikasi wemoji sticker maker. Pada aplikasi google play store cari wemoji sticker maker di pencarian. Pilih aplikasi wemoji sticker maker yang dibuat oleh picmax.

Aplikasi ini sudah memiliki 1 juta lebih pengguna dengan rating yang cukup tinggi yaitu 4,7 di play store sehingga dapat dengan mudah ditemukan. Lalu setelahnya instal aplikasi tersebut.

3. Memilih Foto yang Ingin Dijadikan Stiker

Saat sudah menginstal aplikasi tersebut, saatnya untuk memilih foto mana yang hendak dijadikan stiker. Langkah ini sangat penting dalam cara membuat stiker di whatsapp karena hal ini bertujuan untuk mempercepat proses editing. Foto yang telah dipilih baiknya dijadikan dalam satu folder agar lebih mudah.

4. Membuka Aplikasi Wemoji Sticker Maker

Jika pada cara sebelumnya disarankan menggunakan aplikasi lain untuk mengedit foto, maka dengan menggunakan aplikasi ini hal itu tidak perlu lagi untuk dilakukan karena sudah tersedia fitur edit foto yang lumayan lengkap di aplikasi ini. Fitur-fitur tersebut diantaranya, menghapus background, menambahkan teks, dan menggabungkan foto atau stiker lain.

5. Menambahkan Foto

Langkah selanjutnya adalah menambahkan foto yang hendak dijadikan stiker. Setelah membuka aplikasi wemoji sticker maker akan muncul bagian beranda. Dalam bagian ini terdapat dua menu yaitu create sticker, dan my sticker maka klik yang create sticker. Setelah itu izinkan penyimpanan, dan akses kamera.

Setelah masuk ke menu create sticker hal selanjutnya yang dilakukan adalah tambahkan foto dengan mengklik menu berbentuk tanda tambah besar. Pengguna bisa menambahkan foto dari google foto, kamera, file manager, dan galeri. Inilah fungsi dari langkah sebelumnya, pengguna tinggal memilih file foto yang hendak dijadikan stiker.

6. Mengedit Foto

Dalam aplikasi ini saat pengguna telah memilih foto mana yang ingin dijadikan akan langsung disuguhkan menu crop. Menu ini berfungsi untuk memotong foto menjadi ukuran lebih kecil. Namun menu ini masih bersifat standar karena masih berbentuk kotak, dan belum menghilangkan background yang ada.

Untuk mengedit lebih lanjut seperti menghapus background, langkah selanjutnya memilih menu cut. Menu ini ada pada lanjutan menu membuat stiker. Setelahnya pengguna mulai menghilangkan bagian yang tidak diinginkan. Jangan takut hasilnya berantakan karena sudah disediakan kaca pembesar untuk preview, dan menu zoom untuk memperjelas.

Setelah selesai maka hasil foto akan diperlihatkan untuk pengguna atur kehalusan potongannya. Bahkan pengguna juga bisa mengatur warna garis pada potongan. Pengaturan tersebut berada pada menu setting yang berada di beranda. Warna yang tersedia pun banyak, dan disuguhkan dengan bentuk diagram.

7. Menambahkan Emoji Atau Teks

Foto yang sudah dicrop akan masuk ke menu editing lanjutan. Menu ini berfungsi untuk menambahkan teks atau emoji kedalam foto yang telah diedit tadi. Untuk menambahkan emoji, pengguna tinggal memencet tombol smile atau stiker yang berada di bawah menu lanjutan. Emoji yang tersedia beragam, pengguna hanya tinggal memilih salah satunya.

Setelah memilih emoji yang diinginkan pengguna dapat mengatur letak emoji tersebut di dalam stiker agar sesuai dengan yang diinginkan. Selanjutnya untuk menggunakan teks, maka tinggal memilih tombol teks yang juga berada di bawah. Menu teks disini sangat lengkap karena terdapat banyak pilihan bentuk, posisi, dan warna.

8. Menyimpan Hasil Stiker

Cara membuat stiker di whatsapp selanjutnya adalah menyimpan hasil stiker. Setelah semua proses editing selesai, pengguna akan diminta untuk menyimpan hasilnya. Caranya pun terbilang mudah, hanya tekan tombol save yang ada di pojok kanan atas. Setelahnya pengguna akan diminta untuk menamai stiker buatannya.

Untuk menyimpan koleksi stikernya pengguna diharuskan membuat album. Dalam hal ini untuk pengguna baru, nama album akan langsung ditanyakan setelah menyimpan stiker.

9. Menambahkan ke Whatsapp

Langkah terakhir adalah menambahkan stiker ini ke dalam whatsapp untuk digunakan. Setelah selesai, biasanya pengguna akan diminta untuk membuat beberapa stiker agar menjadi satu album stiker. Langkah membuat stikernya masih sama dengan langkah-langkah sebelumnya. Album stiker yang telah terisi beberapa stiker itupun akan otomatis masuk ke dalam whatsapp.

Sekarang buka aplikasi whatsapp. Pilih menu chatting dan mulailah mengirim stiker yang telah dibuat tadi. Caranya dengan mengklik tombol senyum jika sudah masuk ruang obrolan lalu pencet tanda stiker, setelahnya gunakan stiker yang sudah otomatis tersimpan tadi.

10. Menghapus atau Merubah Stiker

Jika pengguna sudah mulai bosan dengan stiker yang dibuat, dan ingin menggantinya atau menghapusnya. Maka pengguna bisa kembali membuka wemoji sticker. Pilih menu my sticker yang ada di beranda, lalu pilih titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Setelahnya akan ada menu delete untuk menghapus satu album stiker.

Pengguna juga bisa menghapus salah satu stiker yang berada di dalam album stiker. Caranya tinggal pilih stiker tersebut, lalu nanti akan muncul menu untuk menyalin, memindahkan, dan menghapus stiker itu

Ternyata cara membuat stiker di whatsapp sangat mudah dilakukan jika menggunakan aplikasi yang sesuai. Selain wemoji, masih banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk membuat stiker sendiri. Selamat mencoba.

Leave a Comment