Cara Mengecek Tagihan Listrik Prabayar dan PascaBayar Online

Cara Mengecek Tagihan Listrik Prabayar dan Pascabayar Online

Pelanggan bisa memilih jenis listrik prabayar ataupun pascabayar yang ditagih per bulan. Cara mengecek tagihan listrik prabayar dan pascabayar PLN sendiri tidaklah sulit. PLN sudah menyediakan layanan sms maupun website yang memiliki fitur cek tagihan PLN.

Selain itu ada aplikasi-aplikasi yang bisa diakses secara mobile yang memberikan layanan pembayaran tagihan listrik tanpa perlu ke kantor PLN. Tak hanya melalui aplikasi, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan misalnya membayar melalui ATM dan minimarket. Saat membayar tersebut tentunya akan tertera berapa tagihan listriknya.

Listrik PLN Yang Digunakan PraBayar Atau PascaBayar?

Sebelum mengecek tagihan listrik prabayar atau pascabayar tentu pelanggan PLN harus mengetahui jenis sambungan listrik yang digunakan, apakah pra bayar ataukah pasca bayar. Jika menggunakan pra bayar maka tagihan listrik tidak bisa dicek karena pelanggan diharuskan mengisi saldo listrik dahulu sebelum menggunakan jasa.

Namun jika pasca bayar maka pelanggan bisa menggunakan listrik lebih dahulu baru kemudian membayar tagihannya. Nah untuk jenis listrik PLN Pasca bayar inilah yang besar tagihannya bisa dicek lebih dahulu sebelum membayarnya. Ada banyak cara mengecek tagihan listrik PLN Pasca bayar yang bisa dilakukan pengguna jasa listrik PLN.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Pascabayar via Ponsel

Listrik pascabayar memiliki tagihan yang harus dibayarkan pelanggan setiap bulannya. Ada beragam cara yang dapat digunakan untuk mengecek berapa jumlah tagihan PLN per bulannya. Setiap pelanggan akan memiliki nomor ID yang berbeda-beda dan berisi informasi tagihan mereka. Berikut ini beberapa cara mengecek tagihan listrik PLN pascabayar via ponsel atau hp :

1. Memanfaatkan Layanan SMS

Pelanggan bisa menggunakan layanan SMS untuk melakukan pengecekan tagihan listrik secara online. Layanan ini tidak membutuhkan sambungan internet sehingga bisa dilakukan di ponsel biasa. Cara melakukannya yaitu dengan mengetikkan format SMS:  REK(spasi)nomor ID pelanggan. Setelah itu kirimkan pada nomor tujuan 8123.

  • Buka SMS dan tulis formatnya
  • REK<spasi>nomor ID pelanggan dan kirim ke 8123

Cara mengecek tagihan listrik melalui SMS ini terlihat jauh lebih praktis dibandingkan harus menelpon, berikut ini caranya:

  • Cek tagihan bulanan. Kirim SMS ke 8123, dengan format REK (spasi) NO ID Pelanggan, misalnya REK 098765432189 kirim ke 8123
  • Berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Kirim SMS ke 8123, dengan format PLN(spasi)ON(spasi) 12 Digit ID PEL, misal PLN ON 987654321089 kirim ke 8123

Selain itu pelanggan juga bisa berlangganan SMS dari PLN. Jadi tidak perlu melakukan pengecekan secara manual, namun PLN yang akan secara rutin mengirim pemberitahuan. Caranya yaitu kirim SMS ke 8123 dengan format: PLN(spasi)ON(spasi)nomor ID pelanggan.

  • Buka SMS dan tulis formatnya
  • PLN<spasi>ON<spasi>nomor ID Pelanggan
  • kirim SMS tersebut ke 8123

2. Menggunakan Layanan Telepon

Bagi yang ingin mendapatkan layanan melalui sambungan telepon maka bisa menghubungi nomor (kode area) 123. Setelah tersambung maka pelanggan bisa mengikuti instruksi selanjutnya dari operator untuk bisa mengecek tagihan listrik pascabayar via ponsel. Untuk melakukan cara mengecek tagihan listrik melalui telepon adalah sebagai berikut:

  • Telepon call center. Lakukan panggilan telepon pada call center PLN di 123
  • Cantumkan kode area. Jangan lupa mencantumkan kode area yang ingin di cek tagihannya di depan nomor call center, misalnya: (kode area)-123
  • Ikuti operator. Jika sudah tersambung maka ikuti petunjuk operator di ujung telepon

Setelah panggilan selesai pasti besarnya tagihan listrik bisa diketahui oleh pelanggan yang melakukan panggilan tersebut. Untuk tarif telepon call center PLN ini dikenakan tarif normal, keuntungan menggunakan cara ini adalah call center PLN siap selalu 24 jam. Jadi kapan pun melakukan panggilan telepon untuk mengecek tagihan maka PLN akan selalu melayani.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Via Online

Mengikuti perkembangan era internet, PLN juga menawarkan layanan pembayaran dan cek tagihan listrik via online. Tak hanya langsung melalui PLN, namun ada layanan lain yang juga bekerja sama dengan PLN terkait tagihan listrik. Berikut ini cara mengetahui tagihan PLN via online :

1. Membuka Website

Saat ini ada beberapa website yang menawarkan fitur untuk melakukan pengecekan tagihan listrik pascabayar via online. Misalnya website Sepulsa dan Cekbill yang memiliki menu cek tagihan listrik PLN. Pelanggan bisa memanfaatkan menu tersebut, lalu memasukkan nomor ID pelanggan. Setelah mengikuti langkah-langkah yang diperlukan maka akan muncul nominal tagihan listrik.

Untuk cara mengecek tagihan listrik selanjutnya adalah menggunakan website PLN. Cara pengecekannya sangat mudah dilakukan asalkan memiliki sambungan internet. Berikut ini cara melakukan cek tagihan melalui website PLN:

  1. Klin tab menu
  2. Pilih tab pelanggan
  3. Pilih layanan online
  4. Klik panah bawah dan pilih informasi tagihan dan token
  5. Masukkan ID Pelanggan PL pada kolom
  6. Masukkan captcha untuk verifikasi
  7. Klik cek tagihan
  8. Jumlah tagihan listrik akan muncul beserta keterangan pembayarannya

Itulah cara mengecek secara online menggunakan website PLN, selain website resmi PLN juga ada website pengecekan bill online yang bisa digunakan. Sebelum melakukan pengecekan secara online, pastikan memiliki koneksi internet yang stabil agar tidak mengganggu proses.

2. Melihat Di Aplikasi PLN Mobile

Pada ponsel Android ataupun iOS, pelanggan bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile utuk mengecek tagihan listrik. Setelah melakukan pendaftaran dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan maka bisa memanfaatkan layanan pengecekan tagihan listrik. Di aplikasi tersebut terdapat menu informasi tagihan serta token listrik. Jadi ini dapat dimanfaatkan bagi pelanggan pascabayar ataupun prabayar.

Cara mengecek tagihan listrik melalui Hp Android adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu informasi pada tab menu di halaman home
  2. Kemudian pilih menu informasi tagihan dan token listrik
  3. Masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran pada kolom yang tersedia
  4. Klik cari
  5. Kemudian aplikasi PLN Mobile akan menampilkan besarnya tagihan lengkap dengan status pembayaran tagihan tersebut

Itu di acara mengecek tagihan pasca bayar melalui aplikasi di Hp Android yang bisa dilakukan semua pelanggan yang menggunakan android. Masih banyak cara lainnya yang bisa dilakukan oleh pelanggan untuk mengetahui tagihan listriknya.

3. Menggunakan Layanan Email PLN

Bagi pelanggan PLN yang ingin mengetahui tagihan bulanannya ternyata juga bisa mendapatkan e-billing. Tagihan listrik akan dikirim melalui email setiap bulannya. Syaratnya cuma satu tentunya yaitu pelanggan harus memiliki email sebagai alamat pengiriman e-billing. Pelanggan yang ingin mendapatkan e-billing harus mendaftar terlebih dahulu kepada kantor PLN.

Layanan email atau pos elektronik PLN juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tagihan listrik. Sebelumnya pelanggan perlu terdaftar pada layanan e-billing dari PLN. Guna menanyakan layanan tersebut, ada baiknya bertanya lebih dulu melalui email pln123@pln.co.id.

4. Melihat Di Aplikasi E-commerce

Saat ini aplikasi e-commerce atau mall online seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee dan apliksi BisaBayar memiliki layanan pembayaran tagihan listrik. Pelanggan bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengecek tagihan listrik per bulan sekaligus melakukan pembayaran pascabayar dan prabayar via online.

5. Menggunakan Internet Banking

Pembayaran dan mengecek tagihan listrik juga dapat dilakukan melalui internet banking. Bagi pelanggan yang memiliki rekening bank maka bisa mendaftarkan internet banking terlebih dahulu. Di aplikasi internet banking akan ada layanan untuk melakukan pembayaran tagihan listrik baik itu pascabayar atau prabayar. Pada layanan tersebut pelanggan dapat mengetahui jumlah tagihan listrik.

Cara mengecek tagihan listri menggunakan internet banking adalah seperti di bawah ini:

  1. Buka internet banking sebuah bank
  2. Pilih menu pembayaran
  3. Pilih menu PLN/ Listrik
  4. Masukkan no ID Pelanggan
  5. Klik lanjutkan pada layar
  6. Kemudian akan muncul besarnya tagihan listrik bulan lalu

Demikian berbagai cara mengecek tagihan listrik yang bisa dilakukan oleh pengguna listrik pascabayar melalui internet banking.

6. Melihat Di ATM

Di mesin ATM, pelanggan bisa melakukan pengecekan dengan memilih menu pembayaran lalu pilih Listrik/PLN. Selanjutnya pilih Listrik Pascabayar dan tulis 12 nomor ID Pelanggan. Selanjutnya terdapat informasi jumlah tagihan yang harus dibayar.

Berikut ini cara mengecek tagihan pasca bayar melalui ATM adalah:

  1. Masukkan kartu ATM dan masukkan PIN
  2. Pilih menu pembayaran
  3. Pilih listrik/ PLN
  4. Klik pasca bayar
  5. Masukkan no ID Pelanggan
  6. Tagihan akan keluar besarnya keterangan pembayarannya

Jika melakukan pengecekan melalui ATM ini sangat praktis dan murah karena tidak menggunakan pulsa mau pun kuota internet. Pelanggan cukup datang saja ke mesin ATM dan melakukan pengecekan besarnya tagihan listrik serta bisa langsung membayarnya.

7. Cara Cek Tagihan Listrik Melalui IOS

Cara mengecek tagihan listrik lainnya yaitu menggunakan ponsel pintar berbasis iOS. Bagi pengguna Apple tidak perlu khawatir karena ada aplikasi di app store yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik ini. Salah satunya adalah PLN Mobile yang bisa diunduh secara gratis, untuk cara mengeceknya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu informasi pada tab menu
  2. Lalu klik informasi tagihan dan token pelanggan
  3. Masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran
  4. Klik cari
  5. Aplikasi akan menampilkan besarnya tagihan listrik lengkap dengan keterangan pembayarannya

Itu adalah cara cek tagihan listrik yang bisa dilakukan menggunakan HP iOS atau Apple menggunakan PLN Mobile. Caranya sangat mudah namun memang terbatas hanya untuk Hp iOs saja yang bisa melakukannya.

8. Cara Mengecek Tagihan Listrik Prabayar atau Pascabayar via Aplikasi BisaBayar

Startup baru dalam fintech ataupun multipayment, BisaBayar mengahadirkan sebuah layanan aplikasi yang biasbayar apapun dengan berbagia macam kemudahan dan keuntungan.

Dalam aplikasi BisaBayar terdapat menu PLN yang berfungsi untuk mengecek tagihan listrik prabayar dan pascabayar, hanya memasukkan ID pelanggan dan anda sudah bisa melihat tagihan listrik dan pembayaran secara langsung via aplikasi dengan catatan saldo yang anda miliki cukup untuk membayarnya.

Adapun aplikasinya bisa anda download disini

Cara Mengecek Tagihan Listrik Via Offline

Tak sedikit masyarakat yang masih senang membayar listrik secara offline dengan datang ke kantor PLN ataupun melalui tempat lainnya. Berikut ini beberapa cara untuk mengecek tagihan PLN secara offline:

1. Mengecek Tagihan Listrik di Kantor PLN

Pelanggan yang ingin memastikan tagihan listrik secara langsung bisa berkunjung ke kantor PLN terdekat. Di sana pelanggan dapat langsung ke loket yang tersedia dan menanyakan tentang jumlah tagihannya. Melakukan pengecekan dengan datang ke kantor PLN langsung memang membutuhkan waktu yang lebih banyak apalagi jika harus antre dengan pelanggan lain.

Selain kantor PLN, saat ini ada juga beberapa loket resmi untuk berbagai pembayaran tagihan. Jika di dekat rumah tersedia tempat resmi tersebut maka bisa dimanfaatkan dan adapaun cara mengecek tagihan listrik serahkan kepada petugas yang berada di tempat.

Cara mengecek tagihan listrik dengan datang langsung adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke bagian informasi atau CS
  • Sebutkan ID Pelanggan
  • Maka petugas akan memberikan besarnya tagihan listrik yang ingin diketahui

Cara ini sangatlah mudah selain menanyakan tagihan pelanggan bisa langsung melakukan pembayaran di konter pembayaran. Dengan demikian pelanggan bisa melakukan dua hal sekaligus dalam satu waktu.

2. Mengecek Tagihan Listrik di Minimarket

Saat ini ada beberapa minimarket seperti Indomaret dan Alfamart yang menawarkan layanan pembayaran listrik. Pelanggan PLN bisa datang ke minimarket tersebut untuk melakukan pembayaran sekaligus pengecekan berapa jumlah tagihan listrik mereka.

Cara melakukannya yaitu bisa langsung antre di depan kasir. Setelah itu baru sampaikan kepada petugas bahwa ingin membayar tagihan PLN. Pelanggan perlu menyiapkan nomor ID pelanggan sehingga bisa langsung dilakukan pengecekan. Setelah penjaga melakukan pengecekan maka tagihan listrik tersebut akan tampil di monitor kasir. Petugas nantinya akan memberitahukan berapa jumlah tagihan yang perlu dibayar.

3. Mengecek Tagihan Listrik di Kantor Pos

Selain sebagai tempat untuk mengirimkan surat dan barang, Kantor Pos saat ini juga menyediakan loket pembayaran berbagai tagihan termasuk listrik. Pelanggan hanya perlu menyiapkan nomor ID miliknya lalu menyerahkannya pada petugas loket. Selanjutnya petugas akan memberitahukan berapa jumlah tagihan PLN yang harus dibayarkan.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Prabayar

Selain sistem pascabayar, PLN saat ini juga menyediakan sistem prabayar. Tagihan PLN secara prabayar tidak dihitung secara per bulan karena ini tergantung dari penggunaan listrik para pelanggan. Jadi pelanggan bisa membeli token listrik terlebih dahulu dalam jumlah tertentu kemudian menggunakannya. Saat hampir habis maka, pelanggan bisa membeli lagi sesuai dengan kebutuhan.

PLN sendiri menyebut sistem ini sebagai listrik pintar karena pelanggan dianggap dapat mengendalikan pemakaian listrik. Pelanggan juga bisa memilih pembelian pulsa token listrik mulai dari Rp20.000,- sampai dengan Rp1.000.000,-. Pada sistem ini pelanggan juga tidak akan terkena biaya keterlambatan karena langsung bergantung dengan pembayaran awal.

Pelanggan PLN dengan sistem prabayar ini bisa melakukan pembelian pulsa token dengan berbagai cara, serupa dengan sistem pascabayar. Token atau voucher pulsa listrik pintar ini bisa didapatkan melalui ATM, internet banking, ataupun loket pembayaran listrik. Selain itu layanan e-commerce saat ini juga banyak yang menyediakan layanan pembayaran listrik.

Cara mengecek tagihan listrik prabayar ini sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri. Pelanggan perlu memeriksa kapan terakhir kali membeli token listrik dan berapa jumlahnya. Itu bisa ditulis dan dihitung berapa jumlah pembayaran token listrik dalam sebulan.

Ataupun anda juga bisa mengecek tagihan listrik prabayar ini secara online dan offline sebagaimana cara diatas.

Pada website resmi PLN sendiri sudah disediakan simulasi tagihan listrik pelanggan pascabayar. Menu simulasi tersebut harus diisi sendiri oleh pelanggan dengan menuliskan angka pada stand meter. Jika membingungkan maka bisa menghitung secara manual dengan mengetahui besaran biaya admin, PPJ, biaya materai, nilai token, serta Kwh yang didapatkan.

Pilihan menggunakan sistem prabayar dan pascabayar sebenarnya terletak pada kebutuhan pelanggan. Namun PLN saat ini lebih menyarankan penggunaan listrik pintar atau sistem listrik prabayar sehingga pelanggan bisa mengatur pengeluarannya sendiri.

Dan untuk pembayaran prabayar dan pasca bayar tagihan PLN, anda juga bisa menggunakan Aplikasi BisaBayar yang dapat membantu anda disetiap waktu. Karena BisaBayar merupakan aplikasi multi payment yang menwarkan kemudahan dalam pembayaran dan pembelian pulsa, kuoata internet, token listrik /PLN, voucher game, PPOB dan lain sebagainya

Demikian itu sedikit cara mengecek tagihan listrik prabayar dan pascabayar secara online, semoga bermanfaat dan jangan telat untuk bayar listrik.

Leave a Comment