Syarat Membuat ATM BRI Terbaru

BisaBayar – Mengulas sedikit tentang syarat membuat ATM BRI terbaru, dimana ulasan ini dikhususkan bagi anda yang belum pernah membuat kartu ATM atau pun membuka rekening BRI. Sehingga perlu untuk dibaca dan dipahami agar tidak salah dalam membawa berkas-berkas persyaratannya nanti.

Pengertian ATM BRI

ATM BRI atau Automatic Teller Machine Bank Rakyat Indonesia adalah alat elektronik yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang bank. Dengan menggunakan kartu ATM BRI dan memasukkan PIN (Personal Identification Number), nasabah dapat melakukan penarikan tunai, transfer dana, cek saldo, dan berbagai layanan perbankan lainnya.

Syarat Membuat ATM BRI Terbaru

Membuat kartu ATM Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah langkah penting untuk memanfaatkan layanan perbankan yang lebih efisien dan praktis. Berikut adalah syarat-syarat yang perlu dipenuhi untuk memperoleh ATM BRI terbaru:

  1. Kartu Identitas Resmi:
    • Pemohon harus memiliki dokumen identifikasi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau dokumen serupa yang diakui oleh Bank BRI.
  2. Usia Minimal:
    • Calon pemegang rekening harus berusia minimal 17 tahun. Untuk pemohon di bawah usia ini, diperlukan izin dan pendampingan dari orang tua atau wali.
  3. Bukti Pendapatan Tetap (Opsional):
    • Beberapa cabang Bank BRI mungkin meminta bukti pendapatan tetap sebagai syarat untuk membuka rekening atau memperoleh kartu ATM.
  4. Biaya Administrasi (Jika Ada):
    • Pemohon mungkin perlu membayar biaya administrasi untuk pembuatan kartu ATM dan pelayanan lainnya. Jumlah biaya dapat bervariasi tergantung pada jenis rekening dan kebijakan cabang Bank BRI.
  5. Proses Verifikasi dan Tanda Tangan:
    • Calon pemegang rekening harus melakukan proses verifikasi identitas dan menandatangani formulir aplikasi yang disediakan oleh Bank BRI.
  6. Dokumen Pendukung Tambahan (Bila Diperlukan):
    • Bank BRI dapat meminta dokumen pendukung tambahan tergantung pada kebijakan masing-masing cabang atau tujuan pembukaan rekening.

Proses Pengajuan dan Penggunaan ATM BRI

Setelah memenuhi syarat-syarat untuk memperoleh kartu ATM BRI, berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan, memperoleh, dan menggunakan kartu ATM BRI:

  1. Kunjungi Cabang Bank BRI Terdekat:
    • Langkah pertama adalah mengunjungi cabang Bank BRI terdekat dari lokasi Anda.
  2. Mengisi Formulir Aplikasi:
    • Pemohon akan diberikan formulir aplikasi oleh petugas bank. Isilah formulir dengan cermat dan lengkap, pastikan semua informasi yang diperlukan tercantum dengan benar.
  3. Penyerahan Dokumen Identifikasi:
    • Serahkan dokumen identifikasi resmi, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau dokumen serupa, kepada petugas bank untuk verifikasi.
  4. Proses Verifikasi Identitas:
    • Petugas bank akan melakukan proses verifikasi identitas pemohon untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan benar dan sesuai dengan dokumen yang diserahkan.
  5. Tanda Tangan dan Persetujuan:
    • Calon pemegang rekening akan diminta untuk menandatangani formulir aplikasi dan memberikan persetujuan terkait pembuatan ATM.
  6. Pembayaran Biaya Administrasi (Jika Ada):
    • Jika terdapat biaya administrasi untuk pembuatan ATM, pastikan untuk membayarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Pengambilan Kartu ATM:
    • Setelah formulir aplikasi diproses dan disetujui, pemohon akan menerima kartu ATM BRI yang baru.
  8. Aktivasi ATM:
    • Segera aktivasi kartu ATM sesuai petunjuk yang diberikan oleh petugas bank atau yang tertera di dalam amplop kartu ATM.

Setelah Anda memperoleh kartu ATM BRI, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan berbagai transaksi perbankan, termasuk penarikan tunai, transfer dana, cek saldo, dan lain sebagainya di mesin ATM BRI maupun merchant yang menerima pembayaran dengan kartu ATM.

Pastikan untuk membaca panduan penggunaan dan kebijakan Bank BRI terkait penggunaan kartu ATM. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kebingungan terkait proses ini, jangan ragu untuk meminta bantuan dari petugas bank yang bersangkutan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan memperoleh dan menggunakan kartu ATM BRI dengan efisien.

Tindakan Pencegahan dan Penggunaan ATM BRI

Setelah Anda berhasil memperoleh kartu ATM BRI, penting untuk memahami tindakan pencegahan dan cara penggunaannya dengan bijak:

  1. Jaga Kerahasiaan PIN:
    Jangan berikan atau bagikan informasi mengenai PIN ATM Anda kepada siapapun, termasuk anggota keluarga atau teman dekat.
  2. Hindari Transaksi di Tempat Umum:
    Usahakan untuk tidak melakukan transaksi di mesin ATM yang terletak di tempat-tempat yang ramai atau kurang terawasi.
  3. Cek Rekening Secara Berkala:
    Selalu periksa riwayat transaksi Anda secara berkala melalui mesin ATM atau layanan perbankan elektronik untuk memastikan tidak ada transaksi yang mencurigakan.
  4. Hindari Memberikan Informasi Pribadi melalui Telepon atau Pesan Elektronik:
    Jangan memberikan informasi pribadi seperti nomor kartu ATM atau PIN melalui telepon atau pesan elektronik yang tidak dapat diverifikasi keamanannya.
  5. Blokir Kartu ATM dalam Keadaan Darurat:
    Jika kartu ATM hilang atau dicuri, segera hubungi layanan pelanggan Bank BRI untuk meminta pemblokiran kartu.
  6. Hati-hati terhadap Skimming:
    Periksa mesin ATM untuk memastikan tidak ada alat perekam data (skimming device) yang terpasang. Jika menemukan hal yang mencurigakan, hindari penggunaan dan laporkan kepada pihak bank.
  7. Gunakan Lokasi ATM yang Terpercaya:
    Prioritaskan penggunaan mesin ATM di lokasi yang dikelola oleh Bank BRI atau di tempat-tempat yang terpercaya.
  8. Pastikan Transaksi Selesai dan Ambil Struk:
    Pastikan untuk menunggu hingga transaksi selesai dan ambil struk sebagai bukti transaksi.
  9. Tutup Tangan saat Memasukkan PIN:
    Tutupi tangan Anda saat memasukkan PIN untuk mencegah orang lain melihat atau merekamnya.

Dengan mematuhi tindakan pencegahan di atas dan menggunakan kartu ATM dengan bijak, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari layanan perbankan yang disediakan oleh Bank BRI. Jika ada pertanyaan atau kekhawatiran lebih lanjut, selalu hubungi layanan pelanggan Bank BRI untuk bantuan lebih lanjut.

Mendapatkan Layanan Tambahan dengan ATM BRI

Selain digunakan untuk penarikan tunai, kartu ATM BRI juga memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai layanan perbankan tambahan. Berikut adalah beberapa fitur tambahan yang dapat Anda nikmati dengan kartu ATM BRI:

  1. Transfer Dana:
    Gunakan kartu ATM BRI untuk mentransfer dana antar rekening atau ke rekening penerima di bank lain melalui mesin ATM atau layanan perbankan elektronik.
  2. Cek Saldo dan Mutasi Rekening:
    Melalui mesin ATM, Anda dapat memeriksa saldo rekening dan melihat riwayat transaksi terbaru.
  3. Pembayaran Tagihan:
    Kartu ATM BRI dapat digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan, termasuk tagihan listrik, air, telepon, dan lain sebagainya.
  4. Top Up Pulsa dan Pembelian Voucher Game:
    Melalui mesin ATM, Anda dapat melakukan top up pulsa ponsel Anda atau membeli voucher game.
  5. Pembelian Tiket Transportasi:
    Beberapa mesin ATM BRI menyediakan fitur untuk membeli tiket transportasi, seperti tiket kereta api atau pesawat.
  6. Pemesanan Tiket Acara atau Pertunjukan:
    Di beberapa lokasi tertentu, Anda dapat menggunakan kartu ATM BRI untuk memesan tiket acara atau pertunjukan.
  7. Pembelian Produk dan Layanan Lainnya:
    Kartu ATM BRI dapat digunakan untuk melakukan pembelian produk dan layanan dari merchant yang bekerja sama dengan Bank BRI.
  8. Pengajuan Pinjaman dan Layanan Keuangan Lainnya:
    Melalui mesin ATM atau layanan perbankan elektronik, Anda dapat mengajukan pinjaman atau mengakses berbagai layanan keuangan yang disediakan oleh Bank BRI.

Pastikan untuk membaca panduan penggunaan dan kebijakan Bank BRI terkait setiap layanan tambahan yang Anda gunakan dengan kartu ATM. Dengan memanfaatkan fitur tambahan ini, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman perbankan Anda dengan Bank BRI.

Nah, demikian ulasan singkat kami mengenai syarat membuat atm BRI terbaru. Semoga bermanfaat

Leave A Comment